Bulu Rontok pada Kucing

Dear Cat People,
kali ini Radio Kucing akan membahas mengenai bulu rontok pada kucing.
Selama mengelola blog Radio Kucing, banyak sekali pemilik kucing yang bertanya pada saya mengenai kasus bulu rontok pada kucing. Rata-rata mereka langsung bertanya apa obatnya, padahal ada yang lebih penting dibandingkan mengetahui apa obat bulu rontok, yaitu penyebab bulu rontok pada kucing itu sendiri.

 Sumber : disini

Makanan Kucing
Saya sangat mengakui, bahwa makanan yang diberikan pada kucing sangat berpengaruh pada kesehatan dan penampilan kucing. Misalnya, dengan pemberian makan yang baik, kucing akan lebih sehat, berisi, mata bersinar, kuku yang sehat, juga bulu yang rontok. Bagi pemelihara kucing pemula, mereka merasa sudah "cukup benar" memberi makan kucing peliharaan mereka dengan makanan kucing kering yang mereka temukan di petshop. Sayang nya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Perlu juga diperhatikan kandungan gizi yang ada di dalam makanan kucing yang diberikan kepada kucing. Jangan tergiur oleh harga yang murah dan merk yang terkenal, tapi baca kandungan gizi dan komposisi bahan-bahan yang ada di makanan kucing tersebut. Jangan-jangan ada makanan kucing yang memiliki kandungan gizi baik dan komposisi bahan-bahan yang bagus dengan harga yang sama murahnya dari pada merk terkenal yang sering Anda pakai, iya nggak?

Kuncinya adalah seringlah mencari tahu dan seringlah bertanya.

So, sekarang mari kita bertanya pada diri sendiri, sudahkan memberikan gizi yang baik kepada Si Kucing? Kalau gizinya baik, biasanya tidak akan rontok bulu kucing (kecuali sakit/alergi).
 Contoh makanan kucing.
Sumber : disini

Penyakit
Ketahuilah wahai Cat Lover, bahwa penyakit kulit seperti ringworm, jamur, kutu, dsb juga membuat bulu kucing rontok. So, coba periksa kucing peliharaan di rumah apakah ada kejala penyakit-penyakit tersebut? Biasanya jika kucing berkutu, maka akan ditemukan serangga kecil berwarna hitam yang wara-wiri di tubuh kucing. Segeralah basmi kutu tersebut.

Jikalau si Kucing menderita jamuran, biasanya akan tampak kulit-kulit kering seperti ketombe ditubuh kucing. Namun, jika ketombe tersebut muncul beserta bintik-bintik merah menyerupai lingkaran dan terlihat seperti luka, bisa jadi terkena ringworm.

Nah, jika memang kucing peliharaan di rumah terkena penyakit kulit maka sembuhkan dulu penyakitnya, baru berkonsentrasi menyembuhkan bulu rontok.

Kucing lucu sedang diperiksa oleh dokter hewan.
Sumber : disini

Alergi
Beberapa kucing memeliki alergi, salah satunya alergi terhadap jagung. Biasanya kucing yang alergi terhadap jagung bulunya akan rontok juga. Nah, coba periksa makana kucing yang dipakai di rumah, apakah masih mengandung corn alias jagung? Jika ya, maka bisa diganti dengan makanan kucing yang sudah bebas jagung alias corn. Selain alergi jagung, kucing juga bisa alergi dengan suhu, alergi sampo, dan sebagainya. Sebaiknya periksakan dan konsultasikan perihal alergi kucing Anda ke dokter hewan kepercayaan.

Vitamin untuk mengatasi bulu rontok?
Tidak ada vitamin yang bisa mengatasi bulu rontok secara instan tanpa penggabungan perawatan dari segi makanan, kesehatan, dll.

So, buat Cat People yang bertanya : "Bulu kucing rontok parah, kalau pake vitamin ini bisa sembuh kan, ya?"

Maka akan saya jawab : Tidak.

Bulu rontok pada kucing tidak bisa semerta-merta sembuh hanya karena diberikan vitamin. Vitamin bersifat sebagai tambahan yang melengkapi. Tetap saja kandungan gizi harian harus terus diberikan dan juga dengan kandungan gizi yang baik. Jangan harap jika memberikan makanan kucing yang asal-asalan (baca murah banget) maka kucing akan bebas dari bulu rontok.


Contoh vitamin kucing.
Sumber : disini

So, untuk Cat People di rumah, sudahkan memberikan pakan kucing yg baik dan bergizi? Jika sudah, apakah kucing perlihaaan sudah bebas penyakit kulit dan alergi? Jika sudah, apakah sampo dan alat groomingnya sudah benar dan baik?

Jika semuanya sudah, biasanya bulu kucing tidak akan rontok parah.
Dan vitamin bisa dijadikan tambahan asupan gizi yang semakin menyehatkan dan memperindah penampilan kucing.

Ingat, ini vitamin, bukan obat dan bukan sulap rontok langsung hilang :)


Sincerly,
Radio Kucing

NB : Bagi yang akan mengambil/mengutip/copy paste/copas postingan/tulisan dari Radio Kucing harap menyertakan Radio Kucing sebagai sumber (beserta link-nya). Terimakasih.

========================

Ingin belanja makanan kucing, obat-obatan, kandang, vitamin, aksesoris, dan pengrlengkapan kucing lainnya dengan harga murah dan aman? Kunjungi Toko Juwies Radio Kucing ya! :)

Klik pada gambar untuk langsung mengunjungi! :)

Makaciw!
Salam Paw Paw Paw Si Belang ~

Comments

Popular posts from this blog

Review Obat Cacing Combantrin Anak Rasa Jeruk untuk Kucing Cacingan

Takaran Menyeduh Susu Kucing

Review Makanan Kucing Kering Kitchen Flavor Grain Free Adult

Review Makanan Kucing Kering Beauty Gold Persian Cat Food

Review Makanan Kucing Healthy Pet Cat Super Premium Import Belgium

Review Makanan Kucing Beauty Cat Food Premiu. Produk lokal, kibble gampang dilibas!